Wednesday, August 4, 2010

Mengenal Pagerank Google

PageRank adalah sebuah algoritma yang dibuat oleh Google dan telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank adalah salah satu fitur Mesin Pencari Google, jadi hanya dimiliki oleh Google.

Pagerank mempunyai rentang nilai 0 sampai 10. Semakin besar nilainya, maka semakin bagus Pagerank Anda. Namun, yang sering salah dipahami orang adalah mereka menganggap pagerank sebagai sebuah Ranking Domain, padahal bukanlah ranking domain melainkan Ranking Halaman. Misalnya blog saya ini (http://bloguniq.blogspot.com) mempunyai pagerank 6 (Ha..haa..mimpi ni ye..), itu adalah pagerank Homepagenya (Halaman depan/main page). Sedangkan untuk halaman-halaman blog saya yang lain, seperti halaman postingan, belum tentu mempunyai pagerank 6."

Sebuah fakta: Misalnya blog saya ini berpagerank 6 dan Do Follow (Lagi-lagi mimpi...).Jika Anda meninggalkan komentar di sebuah postingan blog saya , belum tentu Anda akan mendapat backlink dari situs pagerank 6, karena halaman postingan tersebut belum tentu pageranknya sama dengan pagerank homepagenya (Pagerank 6). Namun backlink dari halaman posting tersebut akan lebih bernilai di mata google karena blog saya sudah mendapat posisi yang bagus di Google. Ini misalnya lho...

Faktor apa saja yang mempengaruhi pagerank?
1. Backlink
Backlink adalah link dari situs lain yang menuju ke situs kita. Google menganggap bila semakin banyak link menuju ke suatu situs, semakin penting situs tersebut. Jadi jelas faktor yang menentukanPagerank adalah Backlink.
Bagaimana backlink mempengaruhi pagerank? Perhatikan tabel berikut:



Apa artinya? Misalnya Anda ingin mendapat PageRank 5, maka Anda memerlukan 101 backlink dari website dengan PageRank 4 atau 3055 backlink dari website lain dengan PageRank 2. Dengan asumsi tidak lebih dari 10 external link (outbond link/link keluar) dalam halaman tersebut.

Namun kenyataannya, pagerank terkadang susah ditebak dan tak terduga. Saran saya, bangunlah backlink sebanyak-banyaknya secara sehat dan update terus blog Anda serta jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar di blog lain. Bangunlah backlink Anda mulai dari sekarang.

2. Kesesuaian Halaman Yang Memberi Kita Backlink Dengan Tema Blog Kita dan Pagerank dari Halaman Tersebut
Dalam membangun Backlink, usahakan dengan situs-situs yang mempunyai kesesuaian topikdengan situs Anda dan pageranknya lumayan. Hal ini akan membuat Backlink lebih berkualitas. Karena jika banyak Backink dari situs yang topiknya sama, Search Engine Google akan menganggap situs Anda relevan dengan topik tersebut, akibatnya halaman-halaman situs Anda akan mendapat posisi yang bagus pada kata kunci yang berhubungan dengan tema situs Anda di Google. Dan jika halaman-halaman situs Anda mendapat posisi yang bagus di Google, Ranking situs Anda pun akan meningkat.

Saya juga baru mengetahui hal ini setelah melakukan beberapa pertukaran link dengan beberapa blog. Dan saya tidak memperhatikan kesesuaian topiknya. Tapi tidak apa-apa lah, sudah terlanjur.

3. Keywords yang digunakan Situs lain dalam memberi Anda Backlink
Ini disebut juga Anchor Text. Jika kita ingin membangun backlink, perhatikan juga achor textnya(nama link). Usahakan anchor text sesuai dengan kata kunci yang kita incar. Misalnya jika link tersebut berisi URL Blog kita, tulislah anchor text dengan nama Blog kita.

4. Kata kunci di situs Anda, khususnya di bagian judul halaman dan headline
Tentunya hal ini penting bagi Crawler Google untuk menentukan kesesuaian backlink yang Anda dapat.

O iya, untuk mengetahui Pagerank, Anda bisa memakai layanan dari Mypagerank.net.

Semoga bermamfaat

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Backlink / Blogger / Search Engine / Tutorial dengan judul Mengenal Pagerank Google. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bloguniq.blogspot.com/2010/08/mengenal-pagerank-google.html. Terima kasih!

Judul: Mengenal Pagerank Google
Rating: 100% based on 99999 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh : Bg dani // 10:36 AM
Kategori:

1 comment:

 

Total Tayangan Laman