Tuesday, August 3, 2010

Cara Memilih Tema Blog

Jika Anda ingin membuat sebuah Blog, mungkin pertanyaan inilah yang muncul pertama kali, "Topik Apa yang harus saya tulis ?"

Ini adalah keputusan besar dan titik pertama dimana semuanya dapat berjalan salah. Jika Anda memilih topik Blog yang salah, maka anda mulai berjalan di bagian yang salah dan butuh beberapa bulan bagi Anda untuk menyadarinya kemudian mengubah arah.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum ketika seseorang memilih topik untuk blognya:
  • Jangan memilih subjek hanya karena Anda melihat orang lain bisa menghasilkan uang karena menulis tentang hal tersebut.
  • Jangan menulis tentang sesuatu dimana Anda sangat mahir di dalamnya, namun sangat sedikit orang lain yang membutuhkannya.
  • Jangan menentukan Tema blog pada topik dimana Anda hanya tahu sedikit tentangnya atau mempunyai pengalaman praktis yang minimal pada bidang tersebut.
  • Hati-hati untuk tidak menulis tema dan postingan yang terlalu beragam, misalnya Blog Anda berisi tentang kesehatan, blogging, bisnis internet, komputer, dll, blog Anda harus memiliki fokus.

BAGAIMANA JIKA ANDA BELUM JUGA MEMPUNYAI IDE?

Jika Anda belum juga menemukan ide untuk tema Blog Anda, saya sarankan untuk menulis daftar hobi anda, minat, pengalaman, pendidikan dan keterampilan dalam semua bidang kehidupan. Dari sini Anda akan lebih mudah menemukan ide untuk Blog Anda.

Dalam hampir semua kasus akan lebih mudah untuk memulai sebuah blog dari sesuatu yang Anda minati, jadi saya menyarankan Anda untuk menuju ke arah ini. Bukankah menyenangkan menulis sesuatu yang Anda suka dan bisa berguna bagi orang lain? Selain akan menghindarkan Anda dari Kejenuhan Dini, hal ini akan memperbesar potensi Anda untuk menghasilkan uang dari Blog.

Jujur saya percaya bahwa jika Anda memiliki traffic Anda bisa menghasilkan uang, namun justru traffic inilah yang sulit dihasilkan. Uang akan datang dengan cukup mudah setelah traffic Anda dapatkan, jadi lebih baik Anda mencari dan mendalami topik yang paling potensial untuk membangun audiens Anda. Disaat awal-awal Anda memulai Blogging, jangan pikirkan berapa pendapatan Anda hari ini, tapi pikirkanlah berapa pengunjung Anda hari ini.

Bagi orang-orang yang berjuang untuk memilih berbagai Ide, saya sarankan memilih satu dan mulai serius meluangkan waktu untuk itu. Anda harus fokus pada topik tersebut sebelum Anda benar-benar tahu apakah topik blog Anda akan banyak diminati atau tidak. Jika anda mencurahkan 100% dari usaha Anda hanya kepada satu blog, Anda memberikan peluang terbaik untuk sukses.

Catat bahwa pada awal-awal Blogging, kecilnya jumlah traffic bukanlah penentu apakah topik blog Anda menarik pembaca atau tidak, karena jika bicara mengenai traffic ada banyak faktor lain selain konten blog yang harus Anda perhatikan. Perhatikan saja reaksi pembaca yang sempat singgah di blog Anda, melalui komentar-komentar dan tanggapan mereka. Dari sini, Anda bisa memandang isi Blog Anda dari sudut pandang pembaca. Dan saat pembaca memberikan reaksi positifnya, mulailah melakukan promosi Blog secara lebih gencar (Mengenai cara-cara promosi akan saya bahas di artikel yang lain) karena ini berarti Blog Anda cukup diminati.

Terus lakukan kegiatan Blogging yang konsisten selama kurang lebih 3 bulan. Pada akhir tiga bulan masa percobaan dengan hanya terfokus pada satu blog, akhirnya Anda akan mendapatkan kesimpulan, apakah berhasil atau tidak. Anda dapat terus melanjutkan jika blog tampaknya akan mendapatkan daya tarik yang bagus atau beralih ke topik yang berbeda jika tidak.

Pada akhir tiga bulan dari blogging yang konsisten Anda juga memiliki ASET. Bahkan jika blog Anda tidak memiliki traffic, namun memiliki tiga bulan konten di dalamnya. Mungkin saja Anda bisa menjual blog tersebut serta membawa pengalaman berharga selama 3 bulan ke proyek blog berikutnya. Jadi, tidak ada yang sia-sia.

Terlihat cukup sulit? Kenyataannya membangun suatu blog yang sukses memang tidaklah mudah. Namun, jika Anda serius pada topik blog Anda, berusaha menciptakan konten yang original dan semenarik mungkin, kemungkinan besar blog Anda akan sukses. Jadi jangan takut gagal dulu, karena untuk sukses, terkadang kita harus gagal terlebih dahulu. Yang penting, Yakin dan Jangan Menyerah. Saya pun masih mengalami perjuangan untuk menjadi Blogger sukses seperti Anda. So, mari sama-sama berjuang!

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Blogger / Hack Blogger / Tips dan Trik / Tutorial dengan judul Cara Memilih Tema Blog. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bloguniq.blogspot.com/2010/08/cara-memilih-tema-blog.html. Terima kasih!

Judul: Cara Memilih Tema Blog
Rating: 100% based on 99999 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh : Bg dani // 6:56 PM
Kategori:

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

 

Total Tayangan Laman