Saturday, January 22, 2011

Mengubah Layout dan Elemen Halaman di Blogger

Tampilan suatu blog akan memberikan kesan tersendiri bagi para pembacanya. Mungkin Anda pernah membandingkan tampilan blog Anda dengan blog orang lain dan merasa kurang puas dengan tampilan layout Anda sendiri. Kali ini kita akan membahas bagaimana caranya merubah layout dan menambahkan beberapa elemen halaman pada blog Anda di Blogger.

Langkah 1
Setelah Anda login pada akun Blogger, Anda akan masuk ke halaman Dasbor, kemudian klik Rancangan (Design).

Langkah 2
Sekarang Anda berada pada halaman Tambah dan Susun Elemen Laman. Pada template standar yang saya gunakan sebagai contoh, elemen halaman yang ada adalah Link dan Blog Archive. Untuk menambahkan elemen halaman lainnya klik Tambah Gadget.

Selanjutnya akan muncul jendela baru berisi daftar gadget yang bisa digunakan pada halaman blog Anda.

Pada daftar tersebut ada keterangan dari setiap jenis gadget, pilihlah yang ingin Anda tampilkan dengan mengklik tanda (+) yang ada disamping setiap gadget.

Langkah 3
Sekarang mari kita coba tambahkan gadget Profil. Pada kondisi standar, judul gadget yang ditampilkan adalah ‘Mengenai Saya’, Anda bisa merubahnya jika mau. Selanjutnya ketik informasi tentang diri Anda.

Setelah mengisi keterangan yang diinginkan untuk profil Anda, klik SIMPAN. Kini, gadget Profil telah terpasang di halaman Tambah dan Susun Elemen Laman.

Jika ingin melihat tampilan blog Anda sekarang, klik tulisan Lihat Blog yang ada di bagian atas. Namun jika ingin menambahkan gadget lainnya klik Tambah Gadget.

Langkah 4
Kali ini kita coba menambahkan gadget HTML/Javascript. Gadget ini digunakan untuk menampilkan suatu elemen dengan format HTML/Javascript yang Anda buat sendiri atau Anda dapatkan dari tempat lain. Misalnya jika Anda ingin menambahkan counter untuk menghitung berapa kali jumlah blog Anda dibuka. Anda bisa menggunakan www.amazingcounter.com yang memberikan layanan counter gratis. atau  flagcounter. Setelah Anda mendaftar di situs tersebut, Anda akan diberikan kode untuk di-copy ke bagian konten pada jendela konfigurasi HTML/Javascript.

Setelah mengklik tombol SIMPAN, maka susunan tampilan halaman blog Anda kini menjadi seperti ini:

Anda juga bisa mengatur susunan gadget yang Anda tampilkan dengan cara mengklik kotak gadget yang ingin Anda pindahkan, dan tarik gadget ke posisi yang Anda inginkan.

Langkah 5
Jika semua gadget yang Anda inginkan sudah tersusun rapi, klik Lihat Blog untuk melihat tampilan blog Anda kini.

Selain gadget-gadget dasar yang ditampilkan tadi, Anda juga bisa menambahkan gadget lainnya buatan pihak ketiga seperti gadget Twitter Update untuk menampilkan isi Twitter Anda atau gadget Flickr Photostream untuk menampilkan foto-foto Anda di Flickr.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips dan Trik / Tutorial dengan judul Mengubah Layout dan Elemen Halaman di Blogger. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bloguniq.blogspot.com/2011/01/mengubah-layout-dan-elemen-halaman-di.html. Terima kasih!

Judul: Mengubah Layout dan Elemen Halaman di Blogger
Rating: 100% based on 99999 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh : Bg dani // 6:04 AM
Kategori:

4 comments:

  1. itu lngkh yg ke 4 mngknfigurasi html/jva script msuknya kmn y....
    mhon bntuanya??? ^^

    ReplyDelete
  2. tks informasinya... artikelnya sangat bermanfaat bagi saya untuk saat ini... kebetulan ada tugas kuliah... hehe sukses selalu yaa... Kunjungi juga website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id dan blog saya :
    https://kima.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

 

Total Tayangan Laman